Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5[ImagesOnly]

Style6


Kantor Pusat Statistik Irlandia mencatat adanya penurunan jumlah penganut Katolik di Irlandia. Sensus terakhir menunjukkan adanya penurunan cukup banyak dari 91 persen pada 1991, menjadi 84 persen pada 2011. 

Sementara itu, Kristen Ortodoks saat ini merupakan kelompok agama terbesar kedua di negeri itu. Mereka umumnya berasal dari kaum imigran dari negara-negara bekas Soviet. 
Akan tetapi, di masa datang, penganut Islam di Irlandia diperkirakan bakal melampaui penganut Kristen Ortodoks. 

“Populasi Muslim di negara ini akan naik dari 49 ribu menjadi 100 ribu jiwa pada 2020,” demikian kantor statistik tersebut memaparkan proyeksinya.

Populasi umat Muslim di sana meningkat 10 kali lipat dalam dua dekade. “Penduduk Irlandia yang beragama Islam naik dari 0,1 persen pada 1991, menjadi 1,1 persen dari keseluruhan populasi pada 2011,” tulis laporan tersebut, seperti dilansir World Bulletin, Senin (30/12).


Tahun 2043 diprediksi jumlah penduduk Muslim menjadi nomer kedua setelah Khatolik
Islam akan menjadi agama kedua terbesar di Irlandia dalam 30 tahun mendatang. Ini lantaran adanya pertumbuhan penduduk dan arus imigrasi yang dramatis.
Kenyataan ini datang setelah adanya sebuah pekerjaan konstruksi yang diharapkan mulai tahun depan dalam membangun masjid terbesar di Irlandia, seperti dilansir surat kabar the Irish Independent, Senin (30/12).
Pusat Daerah Clongriffin, sebelah utara Ibu Kota Dublin, akan menjadi kompleks agama Islam terbesar di negara itu dan juga akan menjadi sebuah pusat budaya utama yang membanggakan.
Sebuah dewan lokal awal tahun ini memberikan izin perencanaan untuk pembangunan kompleks bertingkat tiga itu, yang dialokasikan untuk sebuah lokasi seluas enam hektar yang dimiliki oleh pengembang Gerry Gannon.
Dengan biaya lebih dari Rp 661 miliar, kompleks masjid itu akan mampu menampung lebih dari 3.000 orang dan akan memiliki dua buah menara, sebuah musala, sebuah pusat kebudayaan, perkantoran, toko buku, sebuah perpustakaan, sebuah kamar jenazah, sebuah tempat penitipan bayi, sebuah pusat kegiatan dengan 600 kursi, sekolah, sebuah pusat kebugaran, dan blok apartemen.
Seluruh kompleks akan memiliki ukuran seluas 5.573 meter per segi dan dapat menampung 600 jamaah untuk melaksanakan salat Jumat.
Dari statistik penduduk yang disusun oleh Kantor Pusat Statistik menegaskan bahwa Islam sekarang menjadi agama dengan pertumbuhan tercepat di Irlandia dan, dari tingkat ekspansinya saat ini, Islam akan menjadi agama terbesar kedua di Irlandia setelah Katolik pada 2043.[Republika/Merdeka]

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: