Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5[ImagesOnly]

Style6

Pada tanggal 11 Februari 2013 Radio Vatican melangsir berita tentang pidato rencana pengunduran diri Paus Benediktus XVI , dan berikut ini kami sampaikan Video Pidato tersebut dan teks terjemahan pidato tersebut

saudara-saudara yang terkasih,

Saya sudah memanggil Anda untuk berkumpul di konsistori ini, bukan hanya untuk tiga kanonisasi (penetapan orang suci), tapi juga untuk meyampaikan kepada Anda sebuah keputusan besar yang bernilai penting bagi kehidupan gereja.

Setelah berulang kali merenungkan keyakinan hati di hadapan Tuhan, saya tiba pada keputusan yang kuat, karena usia yang lanjut, saya tidak tepat untuk terus melaksanakan pelayanan Santo Petrus secara memadai.

Saya juga menyadari bahwa kepemimpinan ini bersifat sangat penting dalam kehidupan spiritual, harus dilaksanakan tidak hanya dengan kata dan perbuatan, namun juga dengan doa dan penderitaan.

Bagaimanapun juga, pada kondisi dunia hari ini banyak hal berubah dengan cepat dan mengguncang relevansi atas keyakinan mendalam dalam kehidupan, demi mengemudikan perahu Santo Petrus dan menyerukan Injil diperlukan kekuatan tubuh dan pikiran. Namun, kondisi kekuatan saya dalam beberapa bulan belakangan memburuk dan mencapai tingkat bahwa saya harus mengakui ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan yang dipercayakan kepada saya secara cukup.

Karena alasan tersebut dan kesadaran atas keseriusan dari tindakan itu, dengan penuh kebebasan, saya menyatakan meninggalkan pelayanan Uskup Roma, Penerus Santo Petrus yang dipercayakan kepada saya oleh Cardinals pada tanggal 19 April 2005. Dengan demikian, tertanggal 28 Februari 2013 pukul  20.00, Tahta Roma, Tahta Saint Peter, akan kosong dan rapat tertutup untuk memilih Paus Agung akan oleh pihak yang berkompeten.

Saudara-saudara yang terkasih, saya mengucapkan terima kasih yang setulusnya untuk cinta dan tindakan Anda yang mendukung saya untuk menjalankan tugas. Dan saya memohon maaf atas segala kekurangan saya.

Dan saat ini, mari kita percayakan pengurusan Gereja Kudus kepada Pendeta Agung kita, Tuhan kita Yesus Kristus, dan memohon kepada Bunda Maria agar dia dapat membantu para Kardinal dengan perlindungan kasih dalam memilih Paus Agung yang baru.

Saya juga akan setia melayani Gereja Suci Tuhan di masa depan melalui kehidupan yang didedikasikan untuk doa.
 
Dari Vatican ,10 February 2013

Paus Benediktus PP XVI







Sumber :Youtube dan www.news.va

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: