Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5[ImagesOnly]

Style6

Seorang pelukis kenamaan Rusia, Arcadi Yamortsov, dikabarkan telah mengucapkan dua kalimat syahadat dan memeluk agama Islam. Pilihan Yamortsov atas Islam jatuh setelah melalui pengembaraan dan pencarian hakikat keimanan yang teramat panjang.

Televisi Rusia berbahasa Arab Rusiya al-Yaum (22/3) mengabarkan, Yamortsov (60) melabuhkan hidupnya pada dermaga Islam setelah bertahun-tahun ia tenggelam dalam penelaahan panjang tentang tiga agama samawi, yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam.

Sejak masa kuliah, Yamortsov sangat gandrung dengan kajian agama-agama. Ia pun banyak membaca buku-buku perbandingan agama. Iklim Uni Sovyet yang komunis menjadikannya berada pada posisi yang kosong di hadapan semua agama.

Di usianya yang ke-48, Yamortsov mulai berkenalan lebih jauh dengan Islam. Di samping mengetahui Islam dari buku-buku yang dibacanya, Yamortsov juga mengenal agama pungkasan itu dari orang-orang Tatar-Rusia yang mayoritas Muslim.

Saat bekerja di Ukrania, Yamortsov banyak memiliki kawan kerja orang-orang Tatar itu. Hubungan sehari-hari dengan mereka menjadikan Yamortsov mengetahui lebih jauh tentang Islam.

Hingga akhirnya, Yamortsov memutuskan untuk memeluk agama Islam di usia enam puluhannya. Ia pun mengganti namanya dengan Hasan Yamortsov.

Meski telah menjadi seoran Muslim yang taat, namun pamor Hasan Yamortsov dalam dunia seni lukis tetap bersinar terang. Ia kini banyak melukis lukisan-lukisan keislaman, semisal ka'bah, ayat-ayat Al-Qur'an, masjid, dan lain-lain.

Yamortsov adalah putra pelulik kenamaan Rusia di masa Sovyet, yaitu Carilia Boris Yamorstsov.sumber : [rta/atjeng/www.hidayatullah.com]

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: