Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5[ImagesOnly]

Style6

  Hanya ada Satu Merek Roti Halal di AustraliaGOOGLE

BRISBANE -- Komunitas Muslim Indonesia di Brisbane yang suka mengonsumsi roti putih kini bisa bernafas lega karena di antara 10 merek roti putih produksi Australia yang dijual di pusat perbelanjaan besar, seperti Woolworths dan Coles, ada satu produk yang kehalalannya dapat dipercaya.

Roti putih yang seluruh kandungan bahan tambahan pangan dan bahan utamanya diyakini kehalalannya itu adalah roti putih merek "Coles Smart Buy" (White Bread). Demikian hasil survei mahasiswa program doktor bidang sains pangan Universitas Queensland (UQ), Hoerudin (Dede).

Hasil surveinya terhadap kehalalan kandungan bahan sepuluh merek produk roti putih di kota Brisbane itu disampaikan Dede pada forum pengajian Jumat malam Komunitas Muslim Indonesia di Brisbane (IISB).

Ia mengatakan, titik kritis kehalalan roti putih terletak pada bahan-bahan yang ditambahkan dalam proses pembuatannya. "Selama ini dalam ilmu dan teknologi pangan, yang lebih ditekankan adalah aspek `toyyib`, yakni bergizi, enak, mudah, dan nyaman," katanya.

Dalam konsep Islam, "toyyib" (sehat, bergizi, baik-red) saja tidak cukup karena kehalalan juga sangat ditekankan. "Konsep Islam lebih dahsyat daripada sains pangan yang cenderung hanya menekankan aspek `toyyib`," katanya.

Menurut Dede, setidaknya ada delapan jenis bahan yang selalu dipakai dalam pembuatan roti putih produksi Australia yang dipasarkan di Brisbane. Ke-delapan bahan itu adalah tepung gandum, air, vitamin, garam-garaman, ragi roti, asam cuka, minyak nabati, dan "emulsifier" (lemak yang bisa berasal dari sumber nabati atau hewani).

Dari delapan bahan ini, titik kritis kehalalan adalah "emulsifier". Setidaknya ada tiga jenis "emulsifier" yang disimbolkan dengan angka 471, 472, dan 481. Dari 10 merek roti putih yang diamatinya, hanya produk merek "Coles Smart Buy" yang seluruh kandungan bahannya, termasuk "emulsifier", berasal dari bahan-bahan yang halal, katanya.

Dalam daftar kandungan (ingredients) produk roti putih merek "Coles Smart Buy" itu, kandungan "emulsifier" (481 dan 471)-nya berasal dari bahan nabati yang halal, katanya.

Pengamatan Dede terhadap berbagai merek produk roti putih produksi setempat dan kaitannya dengan kehalalan bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatannya itu dirasa penting bagi banyak anggota IISB karena roti yang menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Australia juga ikut memengaruhi kebiasaan makan warga non-Australia, termasuk banyak warga Indonesia, di Brisbane. - ant/ah


By : republika online

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: